Kenapa Domba dan kambing bau?

Kenapa Domba dan Kambing Bau?



Sst, pasti sudah kenal dengan hewan khas Hari Raya ini, kan? Yap! Kambing dan domba. Hewan ini terkenal karena suka mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Mm.. dari mana aroma itu berasal?
Hewan Ruminasia
Kambing dan domba termasuk ke dalam hewan ruminansia. Maksudnya, hewan ini mempunyai sistem pencernaan yang sama dengan manusia. Sehingga seringkali hewan ini disebut sebagai hewan pemamah biak. Nah, hewan ini seringkali disebut sebagai hewan yang bau, karena hewan ini suka mengeluarkan aroma yang tidak sedap. Sebagian orang mengira bau itu berasal karena hewan ini tidak suka mandi. Sebab, kambing dan domba termasuk hewan yang takut air. Makanya, jangan sampai tidak mandi, ya! Nanti bau seperti kambing, lo. He..he..he..
Kelenjar Bau
Selain itu, ada lagi yang membuat kambing dan domba beraroma tidak enak. Di dalam tubuh mereka, terdapat kelenjar bau. Pada kambing, kelenjar bau itu berada di balik tanduk. Sedangkan pada domba, kelenjar bau itu terdapat pada jari kaki. Eits, tapi tidak perlu khawatir, ternyata bau prengus itu bisa dihilangkan, lo. Pada kambing, cara menghilangkannya dengan melakukan pemanasan di sekitar tanduk, selama 5-10 detik. Atau menghambat pertumbuhan tanduk, proses ini namanya deodorizer.
Sebenarnya ada fungsi lain dari bau yang dikeluarkan oleh kambing jantan. Bau prengus kambing jantan itu bertujuan untuk menarik perhatian kambing betina. Wah, unik, ya
!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Daftar Obat Hewan

JUAL KONSENTRAT SAPI & DOMBA | PAKAN SAPI & DOMBA MAHESA BERMUTU TINGGI

Company profile